Posted by: alfigenk | August 12, 2011

Novel-novel yang paling saya sukai

dari google wiyek.blogspot.com

wiyek.blogspot.com

………

Saya masih ingat nasehat salah satu dosen saya, dosen muda yang kebetulan satu alumni sekolah menengah atas dengan saya, saya mengeluh karena saya merasa sangat bosan dengan kuliah-kuliah saya, dosen saya itu lalu tertawa, dan menyarankan agar saya lebih banyak membaca novel, “kamu memang perlu pacar baru” demikian kesimpulan nasehat dosen saya itu, maksud pacar baru itu adalah kesenangan yang baru, sesuatu yang baru dan menyenangkan untuk dibaca.

Seperti juga teman-teman saya dikampus, kami mempunyai masalah yang sama, yaitu biaya hidup dan kuliah yang pas-pasan, tapi beruntungnya kota ini, yogyakarta, mempunyai sarana yang sangat memadai untuk memfasilitasi orang-orang yang ingin belajar, bukan hanya iklim belajar yang nyaman, tapi juga harga buku-buku yang murah dan perpusatakaan besar yang banyak.

Saya beruntung mempunyai teman-teman dekat yang bisa menasehati saya tentang buku-buku terbaik untuk dibaca, akhirnya saya belajar menikmati sastra, musik dan film dengan mengikuti kebiasaan mereka. Ini dunia baru yang sebelumnya tidak saya kenal sama sekali. Seterusnya mau tidak mau kita harus memenuhi rasa penasaran dengan memperluas wawasan dalam sejarah, seni dan budaya, dan tentu saja filsafar. Untuk itu yogyakarta menyediakan buku-buku yang murah dan bervariasi, dan bagi yang tidak mampu secara financial maka tersedia perpustakaan-perpustakaan besar dan kecil untuk mendapatkan buku-buku terbaik itu.

Sejujurnya saya bukan lah pembaca active yang baik, maksud saya, saya bukan lah seorang kutu buku yang keterlaluan, apalagi terhadap novel, tapi saya sama seperti orang-orang lain juga bahwa membaca novel itu adalah sesuatu yang menyenangkan.

Berikut adalah beberapa novel yang sangat saya sukai yang terkadang masih saya baca kembali:

1. Yusuf dan Zulaikha karya Hakim Nuruddin Abdurahman Jami

“Tuhan, Biarkanlah sekuncup mawar harapan mekar dari taman-taman abadi, untuk merahmati taman saya dengan senyum dan harumnya yang membawa perasaan saya kepada kebahagiaan”
In adalah kalimat pembuka untuk novel ini, kalimat munajat nan indah dari Jami atas karyanya ini.

Novel yang berdasarkan dari cerita romantis lama Yahudi tentang nabi Yusuf dan istrinya zulaikha, dan Al-Quran menyebutnya sebagai sebaik-baik kisah dan kemudian mengabadiakannya dalam sebuah surah panjang didalamnya. Dalam novel ini anda akan mendapati gaya bercerita yang akan membuat anda seolah-olah merasa terbang, kata-kta yang dirangkai Jami sangat lah indah. Saya membeli buku ini pertama kali juga sewaktu Sekolah menengah Atas, saya membelinya dari seorang teman.

2. Sang Nabi, karya Kahlil Gibran

“Ketika cinta memanggilmu, ikutlah dengannya
Meskipun jalan yang harus kautempuh keras dan terjal
Ketika sayap-sayapnya merengkuhmu, serahkan dirimu padanya
Meskipun pedang-pedang yang ada di balik sayap-sayap itu mungkin akan melukaimu”

Karya utama dari Kahlil Gibran ini sangat mengagumkan, Ini adalah novel pertama yang saya beli sewaktu masih kelas dua sekolah menengah atas, anda yang pernah membaca buku ini tentu akan mengerti mengapa novel pendek ini akan selalu menarik dibaca berulang-ulang.

3. Bumi manusia, karya Pramodya Atanta Toer
“Pekerjaan pendidikan dan pengajaran tak lain dari usaha kemanusiaan. Kalau seorang murid di luar sekolah telah menjadi pribadi berkemanusiaan seperti Minke, sebagaimana dibuktikan dalam tulisan-tulisannya terakhir, kemanusiaan sebagai faham, sebagai sikap, semestinya kita berterimakasih dan bersyukur, sekali pun saham kita terlalu amat kecil dalam pembentukan itu. Pribadi luarbiasa memang dilahirkan oleh keadaan dan syarat-syarat luarbiasa seperti halnya pada Minke. Maka usulku: hendaknya dia diterima kembali sebagai siswa untuk dapat memberikan padanya dasar yang lebih kuat bagi perkembangannya di masa-masa mendatang.”

saya menyukai seluruh karya Pramodya Atanta Toer. Empat jilid dari Tirtalogi Bumi manusia,serta novel yang berlatar belakang jawa Klasik Aroek Dedes, dan Arus balik, sebuah buku tebal hampair 800 halaman yang menceritakan masa-masa akhir dari kejayaan majapahit, adalah novel-novel utama yang saya baca, novel-novel hebat yang pernah dibaca oleh anak bangsa. Saya menganggap novel-novel ini wajib dibaca.

4. Mrs. Dalloway karya Virgiana wolf

“I feel certain that I am going mad again. I feel we can’t go through another of those terrible times. And I shan’t recover this time. I begin to hear voices, and I can’t concentrate. So I am doing what seems the best thing to do. You have given me the greatest possible happiness. You have been in every way all that anyone could be. I don’t think two people could have been happier ’til this terrible disease came. I can’t fight any longer. I know that I am spoiling your life, that without me you could work. And you will I know. You see I can’t even write this properly. I can’t read. What I want to say is I owe all the happiness of my life to you. You have been entirely patient with me and incredibly good. I want to say that — everybody knows it. If anybody could have saved me it would have been you. Everything has gone from me but the certainty of your goodness. I can’t go on spoiling your life any longer. I don’t think two people could have been happier than we have been.”
Ini adalah surat yang ditulis virgiana wolf untuk suaminya sebelum virgiana wolf bunuh diri, menjadi pembuka dalam novel ini.

Saya mendapatkan novel ini dari sebuah lemari yang pemiliknya telah pulang kampung, saya menyimpan bukunya dan mulai membacanya, saya membutuhkan waktu enam bulan untuk menyelesaikan seratus halaman lebih sedikit dari novel ini, saya begitu kesusahan membaca novel ini karena sebelumnya saya tidak pernah membaca gaya penceritaan seperti dalam novel ini, Virgiana adalah perintis awal dalam gaya penceritaan seperti ini, meskipun novel yang dibaca adalah versi terjemahan, saya jatuh cinta dengan novel klasik inggris ini. Orang-orang mengatakan novel ini adalah yang terbaik untuk bisa memasuki karya-karya besar Wolf yang lainnya.

5. Hari Terbunuhnya sang Presiden, karya Naguib Mahfoudz

‘saya adalah putera dua peradaban; Fira’aun dan Islam dan peutera perkawinan keduanya yang telah menjadi makmur dengan keadilan, keimanan dan ilmu pengetahuan”

Ini adalah sebuah kalimat yang diambil dari pidato Naguib Mahfoudz dalam acara penghargaan Nobel sastra untuk dirinya.

Dari sekian banyak karya Naguib Mahfoudz, Hari Terbunuhnya Sang Presiden adalah salah satu yang paling saya suka, berlatar belakang kehidupan masyarakat mesir diakhir-akhir masa kekuasaan presiden Anwar Sadat, membaca novel ini terasa kentara dengan kehidupan masyarakat indonesia saat ini yang penuh kesusahan dan ketidakpastian.

6. Timur leng, karya Harodl lamb

‘Lima ratus tahun yang lalu seorang laki-laki telah mencoba untuk mengangkat dirinya menjadi penguasa dunia. Ia berhasil dalam apa saja yang ia coba, orang ini kini kita sebut Timurleng’
Itu lah kalimat pembukaan dari novel ini. Yang ditermahkan oleh Asrul Sani dengan apik.

Ketika orang tahu bahwa ayah saya bekerja sebagai polisi, hampir semuanya bertanya kenapa saya tidak menjadi polisi, saya hanya tersenyum dan tidak menjawab, sebenarnya sebagian dari keluarga besar saya yang tua bekerja sebagai angkatan bersenjata baik di Indonesia maupun Malaysia, meski dikalangan muda tradisi itu tidak dilanjutkan lagi. Saya sudah dididik dengan sedikit rasa militer sedari kecil dan sewaktu sekolah menengah atas pun kami dididik dengan disiplin ketat, ini yang membuat saya memberontak, saya tidak senang lagi dengan hal-hal yang kaku, itu membosankan. Militer itu bukan hanya masalah fisik, militer itu juga adalah masalah ideologis, saya merasa sampai sekarang pikiran saya masih sedikit militerism, beberapa teman saya mengkritisi dengan keras perilaku saya yang seperti itu. intinya begini, dalam masa damai seperti ini saya tidak ingin menjadi militer, tapi jika terjadi perang maka saya akan dengan sukarela menjadi militer. Saya ingin menikmati kebebasan ini.

Nah novel ini seperti sebuah biografi salah satu Penakluk dunia terbesar terakhir dari Tanah Asia , seorang keturunan jengis khan yang beragama Islam, seorang yang berasal dari kepala suku kecil, seorang penakluk palik menakjubkan. Saya selalu menyukai hal-hal berbau perang, membuat hati saya menjadi dingin.

7. Desersi. karya M.T.H. Perelaer

‘ Tapi masih ada utang darah lain diantara kita. Ketika saya menyerang rombonganmu, saya bermaksud mengambil kepala-kepala kalian. Selama permuluan itu salah saeorang aggotamu mati terbunuh, beberapa orangku sendiri lenyap—darah dibalas darah”

Novel yang diterbitkan pertama kali ditahun 1861 ini merupakan sebuah novel paling menarik dari borneo, berlatar belakang perang Banjar, perang banjar sendiri merupakan perang paling panjang terhadap belanda di Nusantara ini. Novel ini bisa jadi pembuka bagi anda yang ingin memahami pulau Kalimantan. Tentu saja disini diceritakan beberapa bentuk keji pemenggalan kepala. Novel ini sangat menarik dan memberikan kita gambaran Kalimantan jaman dulu yang tidak banyak kita ketahui, novel ini bisa jadi salah satu novel paling tua yang bisa kita temukan mengenai nusantara.

Buku-buku diatas adalah buku yang secara pribadi sangat saya sukai dan sedikit banyak mempengaruhi saya sampai saat ini, buku-buku itu kebanyakan terjemahan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia, sebenarnya masih banyak buku yang saya baca, tapi saya tidak akan menceritakannya disini, mungkin lain waktu.

Anda juga pasti mempunyai buku-buku yang anda sukai dan mempengaruhi anda bukan?..berbagi lah, buat lah saya tertarik agar saya juga membacanya.

Saya berharapa saya akan menyukai beberapa buku lagi, saya berharap, saya mempunyai kesempatan untuk mendapatkan buku-buku itu suatu hari nanti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: