Posted by: alfigenk | July 31, 2013

Fhoto Tua Mesjid dan Sekolah Pribumi Jaman Hindia Belanda di Barabai Berhasil Di-idenfikasi

Beberapa buah Fhoto tua jaman Kolonial hindia Belanda sebenarnya dapat dengan mudah kita dapatkan di Dunia Maya, rata-rata fhoto tersebut memang berasal dari satu sumber yaitu KTLV Belanda. KTLV sendiri merupakan organisasi di Bidang Studi milik pemerintah belanda sejak ratusan tahun yang lalu.

Dengan berbekal rasa penasaran dan keberanian bertanya serta turun ke kelapangan langsung, penulis akhirnya berani mengambil beberapa kesimpulan penting tentang lokasi beberapa fhoto lama di daerah barabai .

  1. Mesjid Al-A’la Jatuh

5432845933_7f3b3b14ea_z

Jika melihat dengan teliti lokasi sungai dari mesjid ini maka akan mudah kita menerka bahwa mesjid yang ada dalam fhoto diatas merupakan mesjid Al-A’la Jatuh kecamtan Pandawan beberapa kilometer arah barabat kota Barabai. Kita lihat saja sungainya yang kecil tapi masih bisa di lalu beberapa buah Perahu yang lumayan besar. Fhoto diambil tahun 1860-an…seratus lima puluh tahun yang lalu.

Jika di banding dengan lukisan mesjid keramat palajau juga sangat mirip, sepertinya arsitekturnya sama.

Ketika penulis mencoba membandingkan dengan mendatangi Mesjid ini kita masih dapat menemui sungai ini dan jembatan yang ada di fhoto rupanya masih ada saat ini meski sudah diperbaiki.  Disekitar jembatan itu sekarang telah di bangun sebuah bangunan sekolah yang dulu juga merupakan salah sekolah Islam pertama di Barabai.

 

  1. Sekolah Hindia Belanda di Desa Mandingin

sekolah pribumi hindia belanda di barabai… commons.wikimedia.org

 

Sungguh ini merupakan salah satu Fhoto yang sangat berharga bagi sejarah pendidikan Barabai, bagaimana tidak sampai sekarang Barabai terkenal sebagai salah satu kota pendidikan penting dan menghasilkan orang-orang terdidik terbaik diseluruh Kalimantan. Hal ini tidak lah berlebihan jika melihat banyaknya penduduk barabai baik laki-laki maupun wanita yang menjadi pegawai negeri di seluruh Kalimantan.

Penulis pernah mendapatkan informasi bahwa sekolah Belanda tertua di barabai ada di di tiga tempat, dua diantaranya di pajukungan dan mandingin.

Serta merta penulis mengunjungi salah satu orang tua di Mandingin, Nama beliau Adalah MASJAM, wanita yang berumur 80-an akhir atau 90-an awal, yang pasti beliau sendiri tidak tahu umur beliau.

Ketika di perlihatkan fhoto sekolah di Atas beliau langsung dapat mengenali bahwa sekolah tersebut tepat berada di seberang rumah beliau,

Lokasi sekolah  tersebut berada di diantara halaman rumah bapak Muslim dan rumah anak serta menantunya Qusyairi  diseda mandingin RT 11 kecamatan Barabai, sekitar 2 kilometer arah utara dari pusat kota barabai, tepat di pinggir jalan Provinsi menuju kota Paringin dan Tanjung. Tidak jauh dari Stadiun Olahraga Murakata.

Dahulu dibelakang sekolah tersebut memang ada beberapa rumah seperti terlihat di gambar, nenek masjam lupa rumah siapa itu, namun beliau masih ingat ketika dahulu sewaktu kecil beliau ingin bersekolah disana namun dilarang oleh datu buyut beliau, datu buyut beliau menakuti apabila bersekolah disitu akan di bawa oleh orang belanda, orang belanda terkadang dating dengan menggunakan sepeda motor.

Beberapa nama guru p[engajar yang beliau ingat adalah guru Busra Orang barabai dan Guru Tukhalid orang sungai tabuk, sungai tabuk sendiri masih merupakan wilayah mandingin.

Menurut beliau lagi, banyak murid dari desa mandingin dan desa Hiking yang belajar disana, bahkan beberapa wanita pernah bersekolah disana, beliau menyebut nama teman beliau seperti Haji Hamsyah dan Sarimah.

Setelah itu sekolah tersebut rupanya di pindah lokasi ke sekolah Dasar Mandingin 2 saat ini di RT 10.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: