Posted by: alfigenk | August 17, 2013

Corak irama Musik Banjar dan Kesenian Suling Banjar

Jika kita benar-benar harus jujur, maka akan susah mencari corak asli musik-musik banjar sebelum jaman kemerdekaan Republik Indonesia. Tidak ada dokumentasi yang bisa kita jadikan referinsi yang bersifat audio video.

Lagu-lagu banjar yang ada saat ini pun sebenarnya baru banyak tercipta sekitar tahun 60-70-an, di motori oleh seorang seniman keturunan para Anang Amuntai yaitu Anang Ardiansyah beserta teman-temannya, salah lagu aransemen beliau yang liriknya diciptakan oleh beliau adalah lagu Paris Barantai yang kemdian lagu Ikon Kalimantan Selatan.

Jika kita rekaman lagu-lagu banjar jaman dahulu memang tidak ada yang diiringin oleh musik panting. Lagu-lagu banjar jaman 60-70-an tersebut dahulu malah diiringi oleh berbagai macam corak musik, dari reggy sampai keroncong, dari pop sampai dangdut. Musik panting sendiri diramu dan diciptakan pada sekitar tahun 70-an oleh seorang seniman banjar asal Barabai yang bernama A. Sarbaini. Corak musik ini lah yang kemudian berkembang dan menjadi ikon dari musik banjar sehingga hari ini.

Musik-musik asli banjar yang tersisa mungkin hanya bisa dengar dari gamelan dari pertunjukan wayang Banjar,  musik Sarunai dari pertunjukan Main Kuntau, Balamut dan Madihin. Bahkan dari pertunjukan Mamanda sekarang ini lebih di dominasi oleh lagu dangdut.

Salah satu irama khas banjar dalam sebuah yang masih bisa kita dengar dan nyanyikan adalah lagu “ampar-ampar pisang” yang tidak diketahui siapa penciptanya, atau kita bisa mendengar lagu syahdu dari lagu pengantar tidur orang banjar yang sekarang jarang terdengar lagi, entah apakah ada dokumentasi rekaman atas lagu-lagu pengantar tidur tersebut yang biasanya akan sedikit berbeda-berbeda antar daerah di banjar.

Selain itu ada lagi langgam irama banjar yang masih bisa kita dengarkan hingga saat ini yaitu irama lagu pembacaan syalawat Asrafal Anam di hulu sungai, biasanya di bacakan sewaktu bulan maulid, menariknya adalah tiap-tiap desa biasanya mempunyai irama lagu syalawat andalan tersendiri yang diwariskan secara turun temurun.

Secara pribadi penulis sebenarnya pernah mendengar tentang kelompok kesenian suling banjar yang saat ini hanya tersisa di Barabai, tepatnya hanya disatu desa yaitu Kampung Pihandam di kecamatan Limpasu, Kabupaten Hulu sungai Tengah. Sejujurnya penulis sendiri tidak pernah menyasikkan dan mendengar secara langsung pertunjukan suling tersebut dan seperti apa bunyi suling-sulingannya. Penulis pernah beberapa kali ke Kampung Pihamdam dan mewawancari penduduknya. Ternyata yang mengejutkan dari kesenian suling ini  ini para orang tua yang sudah berumur, dan beberapa pemainnya sudah meninggal dunia. Permainan suling ini adalah memainkan suling secara bersamaan yang terdiri dari beberapa orang pemain suling, antara 6-12 orang.  tidak ada pewaris lagi dari kesenian suling ini, penulis juga menanyakan tentang corak lagu pertunjukan suling tersebut, mereka mengatakan bahwa lagu yang dibawakan hanyalah lagu-lagu bahari (jaman dulu), sepengatahuan penulis terakhir kali mereka melakukan pertunjukan adalah beberapa bulan yang lalu di banjarmasin.

Penulis sudah membuka berbagai macam buku tentang kalimantan selatan dan banjar, rupanya kesenian suling ini tidak pernah tercatat dalam buku-buku tersebut. Beberapa mahasiswa dari perguruan tinggi jurusan seni yang penulis wawancarai juga tidak mengenal kesenian ini.

Andai saja kesenian suling ini sempat dan bisa di dokumentasikan maka kita mungkin bisa mendapatkan beberapa titik terang dan referinsi dari musik banjar jaman dahulu. Saya sudah melaporkan dan bercerita kepada beberapa teman yang katanya sangat konsen terhadap kesenian banjar, sayang mereka hanya katanya saja tanpa pernah ada aksi penyelamatan kesenian banjar tersebut.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: