Posted by: alfigenk | August 26, 2014

“Mabuk Gajah” Minuman Keras Murah Meriah untuk Kita

1328110160965970862

murah dan murah untuk bisa dengan sengaja menghilangkan kesadaran diri , yaitu mabuk-mabukan…

sebenarnya pertama kali saya melihatnya beberapa tahun yang lalu, di yogyakarta teman-teman saya sedaerah membuat minuman keras murah meriah, dari minuman energi biasa, yang harga satu bungkusnya kurang dari seribu rupiah yang kemudian dicampur dengan alkohol murni 70 atau 90 persen, hanya bermodal sepuluh sampai dua puluh ribu rupiah mereka sudah bisa mendapatkan beberapa botol minuman alkohol untuk mabuk-mabukan, rupanya teman saya itu baru saja pulang dari daerah dan mendapatkan  mencampur minuman keras murah meriah itu.

setelah saya pulang ke daerah, minuman keras murah ini menjadi trend baru bagi orang-orang untuk mabuk-mabukan secara murah, selain murah, minuman ini juga aman, aman dari penangkapan polisi dan mudah dicari, karena memang tidak ada satu peraturan perundanganpun yang melarang meminum alkohol murni dan membatasi penggunaannya. hal ini menjadi bisnis menggiurkan bagi segelintir orang, minuman ini saat ini telah menyebar sampai kepelosok daerah dan desa, sangat diminati oleh para remaja.

mereka menamakannya mabuk gajah..saya tidak mengerti mengapa disebut demikian…

Istilah gajah ini membuat saya jadi ingat orang-orang yang mengagaruk-garuk timbunan kotoran gajah di kebun binatang yogyakarta untuk mengambil jamurnya, jamurnya dicuci dan dimasak dengan mie goreng, setelah itu mereka menjadi mabu..lucu bukan..

minuman ini sebenarnya sangat berbahaya untuk dikonsumsi,jauh lebih berbahaya dari minuman keras yang dibuat secara pabrikan, bukan hanya dampaknya terhadap kesehatan, tapi dampak ketika mereka mabuk yang biasanya mudah sekali membangkitkan emosi. kriminalitas semakin meningkat dan kecelakaan lalu lintas juga meningkat yang disebabkan oleh minuman ini.

dampak lain yang merugikan adalah hilangnya alkohol murni dipasaran untuk keperluan medis, selain itu harganya juga melambung naik, ini menjadi keluhan dari beberapa aparat kesehatan. alkohol murni lebih mudah didapatkan diperkampungan dan pedesaan, dijual diwarung-warung setempat dengan harga seratus persen lebih dari harga normal.

masyarakat pun semakin gelisah karena tindakan kriminal semakin meningkat disebabkan kasus alkohol murni ini, selain mereka mengkawatirkan anak-anak mereka takut menjadi peminum minuman ini karena harganya murah meriah.

pemerintah diharapkan bisa lebih perhatian terhadap hal ini, peraturan perundang-undangan yang belum ada untuk mengatur hal ini menjadi kendala aparat keamanan untuk bertindak.

untuk menjaga generasi muda kita dari kemerosotan dengan menghindarkan mereka dari miuman keras ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: