Posted by: alfigenk | September 25, 2014

APAKAH MUNGKIN POLRI DIBUBARKAN?

1350048232590352181

 

APAKAH MUNGKIN POLRI DIBUBARKAN?

oleh: Alfigenk Ansyarullah

Seorang teman bertanya: apakah mungkin POLRI di bubar?

Saya jadi garuk-garuk kepala sendiri, bingung menjawabnya, tapi ahh apa yang tidak mungkin bukan?..maka saya jawab saja bahwa hal itu mungkin..” ya, tentu saja mungkin wahai temanku, jika rakyat menginginkan maka POLRI pun harus di bubarkan atau jika presiden ingin..heee

Teman saya itu lalu meneruskan rasa penasrannya” tapi kan kata orang-orang POLRI tidak dapat di bubarkan karena siapa yang akan menjaga keamanan negeri ini nanti jika polri dibubarkan?”

Benar juga kata teman saya ini, saya jadi menimbang-nimbang untuk melanjutkan pembicaraan ini.

Saya bertanya balik kepadanya “ nah, kalau kamu inginnya bagaimana?..kenapa bertanya apakah POLRI bisa dibubarkan atau tidak?

saya lihat dia sendiri yang pusing untuk mencari jawabannya, tapi kemudian dia menjawab dengan jawaban yang bagus “ ada keinginan dari saya untuk merasakan POLISI yang lebih baik dari POLRI saat ini, sederhananya, saya ingin POLRI yang berpakaian lebih cerah, lebih ramah, sering patroli dikampung-kampung, melayani dengan baik, tidak kasar dalam berbicara, tidak KKN, dan masih banyak lagi”

haa saya terus terang saja saya agak tertarik dengan pendapat teman saya ini.

Ramainya berita perang cicak buaya jilid II saat ini kembali membuat kita ikut pusing, sakit kepala ini rupanya masuk sampai ke warung-warung dikampung-kampung,bahkan memasuki rumah-rumah orang kampung, juga merasuki ke acara tahlilan,atau di saat-saat orang-orang lagi menunggu sembahyang magrib berjamaah di masjid, dan bahkan di tengah-tengah sawah. Hasilnya lebih banyak masyarakat yang mendukung KPK, karena KPK menurut mereka lebih masuk akal, sedangkan POLRI dengan tindak tanduknya dalam beberapa tahun ini sering membuat masyarakat makan hati. Membicarakn masalah perang cicak buaya jilid II ini membuat kita membuang banyak waktu untuk membicarakannya, memperdebatkannya yang ujung-ujungnya pula tidak didapatkan jalan keluar , jalan keluar minimal yang bisa didapat hanyalah perdamiaan antara KPK dan POLRI, seperti perdamiaan biasa ketika terjadi perselisihan diantara masyarakat biasa. Seperti perkelahian anak muda kampung saja.

masyarakat masih bisa menduga-duga kemungkinan untuk adanya perang cicak buaya jilid untuk ketiga kalinya nanti masih mungkin bisa terjadi.

Entah dapat angin dari mana teman saya itu berpikir tentang pembubaran POLRI, mengingikan POLRI itu bubar menurut saya itu syah-syah saja, itu hak masyarakat kan, seperti juga sebagian politisi menginginkan KPK bubar.

POLRI bisa dibubarkan karena POLRI hanya sebuah institusi dalam tata Negara kita ini. Tugas-tugas kepolisian bisa kita alihkan ke instutusi lain sambil kita mempersiapkan kepolisian baru di Negara ini, jika dahulu Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) bisa di bubarkan dengan mengeluarkan POLRI, dan para tentara dikumpulkan kembali ke sebuah institusinya menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dibawah kementerian pertahanan, coba bayangkan dahulu ABRI bertahta di puncak kekuasaan langsung dibawah presiden saja bisa dibubarkan lalukenapa POLRI tidak bisa dibubarkan?.. saya rasa tidak masuk akal jika POLRI tidak bisa dibubarkan.

Lalu jika POLRI dibubarkan maka siapa yang akan melakukan tugas pengamanan di Negara ini?..

Apabila ada pemogokan dari POLRISebenarnya sudah banyak badan dan lembaga negara lain yang diberi tugas kepolisian untuk bisa melakukan tugas-tugas keamanan untuk sementara waktu, misalnya Badan penanggulangan teroris untuk mengejar para teroris, Badan Narkotika Nasional untuk menangkap para narkotik-narkotik, ada juga Kesatuan penjaga pantai dan laut untuk menjaga laut, ada dinas perhubungan untuk lalu lintas, dan sebagainya. Kita ada satpol PP untuk keamanan masyarakat, ada hansip untuk dikampung-kampung, ada polhut untuk dihutan-hutan, kita ada kejaksaan untuk bisa turun langsung dalam penuntutan ke pengadilan, kita juga masih juga minta bantuan TNI dalam masa darurat ini.

Kita ingin kepolisian yang lebih baik, mungkin ini akan membuat POLRI marah, tapi mana yang lebih penting, kepentingan POLRI atau Kepentingan rakyat?.. logika pertanyaannya sederhana saja bukan

Ingin juga melihat kepolisian didaerah yang lebih tanggap terhadap keamanan, jangan lagi merasa lebih tinggi dari pemerintah daerah, sehingga ada sinteminitas dengan pemerintah daerah.

Maka untuk memastikan pendapat teman saya diatas itu, saya setuju sekali sekiranya ada kepolisian baru di Republik ini yang tidak sentralistik,agar kekuasaan tidak hanya menjadi satu institusi saja, maksudnya kita tidak harus hanya punya satu institusi kepolisian di negara ini, lihat saja di amerika serikat sana, ketika kita nonton film-film hollywood, mungkin kita akan melohat banyaknya polisi yang berbeda, ada FBI, ada Sheriif county, ada kepolisian kota New York Police Departement (NYPD) atau Los Angelos Police Departement (LAPD), dan lain-lain.

Mungkin itu akan membuat negara ini lebih… membuatnya lebih aman, saya yakin itu.. karena saya ingin ada polisi yang patroli setiap saat di kampung saya… saya membayangkan seorang sherrif dengan mobilnya… lalu bagaimana dengan Anda yang di kota? Apakah anda juga membayangkan ada seorang polisi kota berpatroli jalan kaki disetiap keramaian kota?..

Leave a Reply

Categories

